MAKNA CENDAYAM




MAKNA CENDAYAM


Sabda alam laksmi Kota Makassar
langit yang mendekap angin damai 
berpadu  menjadi getaran decak kagum
burung-burung melangit
dengan sayapnya yang menakwilkan,
betapa bahagianya menjadi bagian dari makhluk di atas bumi sejuta budaya. 

Ragam perangai, adat-istiadat, serta bahasa
Mengukuhkan jiwa-jiwa
Disetiap pijakkan yang tiba 
Pesonanya selalu mengoyak rindu
Menarik sukma untuk tetap tinggal

Tetap tinggal, menjaga calar-balar sejarah
Sehingga tak tergerus oleh lupa
Geloranya.. 
Mendorong awan-awan untuk bersuka-cita
Menanamkan budi luhur
Bagi generasi penerusnya

Dan... 
Tak tergantikkan 
Desiran pasir pantai berbisik menawan
Hai Losari...
dirimu sungguh menggugah hati

Izinkan aku, yang mengagumi elokmu
Untuk menjadi pelindung setia
Tanahmu, dan partikelnya
Adalah bagian dari tanah surga
Salah satu bukti.. 
Sucinya hati para pejuangnya

Maka... 
Izinkan aku menjadi penikmat hiruk-pikuk kota di pagi soremu
Izinkan aku
Menjadi pengagum lembah-lembah di pedesaanmu

Izinkan aku menjadi penghuni bumimu Selamanya.
Meski tak lagi memijak
Aku akan menjadi penghuni semu milikmu

Walaupun kini, ragaku jauh darimu
Akan kujaga cerita bahagiaku
Akan kuserukan indahnya 
Akan kusimpan cintaku
Selamanya

Komentar